Selasa, 09 November 2010

Perkembangan Teknik Pemrograman


Perkembangan Teknik Pemrograman
     Perkembangan Teknik Pemrograman
Teknik Pemecahan Masalah
Teknik Pemodelan
Teknik Pemrograman

Teknik Pemecahan Masalah
Teknik Top-Down
           Masalah kompleks dibagi-bagi dalam beberapa kelompok masalah hingga subbagian paling kecil. Setelah itu baru disusun langkah2 penyelesaian secara detail
Teknik Bottom-Up
           Kebalikan dari teknik Top-Down, mulai ditinggalkan karena sulit untuk melakukan standarisasi
Teknik Pemecahan Masalah
Langkah-langkah pemecahan masalah disusun secara sistematis dan mendetail à algoritma
Mohammad Ibn Musa al Khowarizmi : “Suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer”
Teknik Pemrograman
Pemrograman Terstruktur
Pemrograman Modular
Pemrograman Berorientasi Object
Pemrograman Terstruktur
Teknik mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatumasalah dalam bentuk program yang memiliki rancang bangun yang terstruktur dan tidak berbelit-belit sehingga mudah ditelusuri.
Pemrograman Modular
Merupakan teknik untuk mengimplementasikan langkah-langkah pemecahan masalah pada kelompok masalah yang kecil.
Pemrograman Berorientasi Objek
Teknik Pemrograman yang menerapkan konsep dunia nyata.
3 Pilar utama OOP : Encapsulation (Pengkapsulan), Inheritance (Pewaris sifat), Polymorphism (Keanekaragaman bentuk)
Encapsulation (Pengkapsulan)
Dengan adanya pengkapsulan maka muncul konsep information hiding (penyembunyian informasi), tidak semua sifat atau kerja milik subuah objek dapat diakses dari luar objek tersebut.
Inheritance (Pewarisan Sifat)
Inheritance merupakan pewarisan atribut dan method dari sebuah class ke class lainnya (Subclass). Class dapat didefinisikan dengan referensi pada class yang lain yang telah terdefinisi. Inheritance merupakan pewarisan atribut dan method pada sebuah class yang diperoleh dari class yang telah terdefinisi tersebut. Setiap subclass akan mewarisi state ( variabel-variabel ) dan behaviour ( method-method ) dari superclass-nya. Subclass kemudian dapat menambahkan state dan behaviour baru yang spesifik dan dapat pula memodifikasi ( override ) state dan behaviour yang diturunkan oleh superclass-nya.
Polymorphism (Keanekaragaman Bentuk)
Polimorfisme adalah kemampuan suatu objek untuk mengungkap banyak hal melalui suatu cara yang sama. Sebagai contoh, terdapat kelas A yang diturunkan menjadi kelas B, C, dan D. Dengan konsep polimorfisme, kita dapat menjalankan method-method yang terdapat pada kelas B, C, dan D hanya dari objek yang diinstansiasi dengan kelas A.
Teknik pemodelan
Teknik untuk melakukan analisis dan perancangan sistem berorientasi objek dikembangkan dan digunakan secara luas di seluruh industri TI.
Yang paling terkenal adalah : UML (Unified Modeling Languange)  yang dikembangkan oelh Grady Booch, Ivar Jacobson dan James Rumbaugh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar