Selasa, 09 November 2010

ELEMEN-ELEMEN BAHASA PEMROGRAMAN



   ELEMEN-ELEMEN  BAHASA  PEMROGRAMAN

I.  Elemen-Elemen Dalam Bahasa Pemrograman

   Berikut    adalah    element-element    pada     bahasa
      pemrograman:
   1. Aturan Leksikal
   2. Type data
   3. Exspression
   4. Statement
   5. Function dan Procesure

A. Aturan Leksikal

     1. Token

     2. Komentar
     3. Identifier

    4. Keywords (Reserved Words)

     5. Operator

        a. Arithmetic Operator

        b. Assignment Operator

        c. Bitwise dan Logical Operator

        d. Relational Operator
        e. Pointer Operator

 B. Tipe data

     Pada    suatu    bahasa     pemrograman        umumnya       telah
     menyediakan     tipe-tipe  data   yang   sederhana      (simple)
     maupun yang Kompleks

     I. Tipe Data Sederhana
        a.   Tipe   integer     : tipe   data   yang   nilainya   tidak
             memiliki titik desimal.

             Type            Batas nilai              Format

          Int              - 32768 ... 32767    Signed 16 bit

          Long             - 2147483678 ...     Signed 32 bit
                             2147283647
                                                                                      
b.  Tipe  Real/float  :  tipe  data  yang  nilainya  merupakan
pecahan (memiliki titik desimal).

        Type              Batas nilai               Format

    float             3.4E-38 s/d 3.4E+38     unsigned 32 bit

    double           1.7E-308 s/d 1.7E+308    unsigned 64 bit

    Long double     3.4E-4932 s/d 1.1E+4932   unsigned 80 bit

 c.  BOOLEAN ATAU LOGICAL
     Type data yang hanya mempunyai dua bentuk keluaran
     yaitu nilai True dan False (Benar dan Salah) yang
     dinyatakan dengan   1 dan 0, Sehingga satuan data yang
     terpakai cukup satu bit saja. Operator yang digunakan
     adalah : And, Or, Not, Xor


        Input          NOT (!)     AND (&&)       OR (||)

     A    B    C    !A   !B   !C   A&&B&&C        A||B||C

     0     0    0    1    1    1        0            0

     0     0    1    1    1    0        0            1

     0     1    0    1    0    1        0            1

     0     1    1    1    0    0        0            1

     1     0    0    0    1    1        0            1

     1     0    1    0    1    0        0            1

     1     1    0    0    0    1        0            1

     1     1    1    0    0    0        1            1

d.   CHARACTER
    Type   data   yang   terdiri dari aksara   (simbol)   yang
    meliputi digit numerik, character alfabetik dan  spesial
    character. Untuk menuliskan tipe char, karakter perlu
    ditulis di dalam tanda petik tunggal ( ‘ )
    Contoh :
    ‘A’   karakter berupa huruf A
    ‘1’  karakter berupa angka 1
    ‘*’ karakter simbol *


   II.  Tipe data Majemuk

   a. String
   merupakan sekumpulan dari beberapa karakter, yang 
   banyaknya  berubah-ubah sesuai kebutuhan,besarnya 1 
   s/d 255 karakter.
   Pemberian nilai String diapit dengan tanda petik ganda (“)
   Bentuk umum penulisan tipe data ini adalah :
   tipe_data  pengenal [panjang] ;     
   pengenal          = nama variabel
   panjang           = bilangan bulat yg menunjukan  
                              jumlah karakter

   Contoh :   char nama[15] ;

C. Expression
   Expression yang paling sederhana yaitu nama variable.
   Expression yang lebih kompleks akan melibatkan operator-
   operator, maupun pemanggilan function atau procedure.

D. Statement
   1. Simple Statement
      a. Assignment Statement

      b. Statement untuk pemanggilan function atau
      procedure

      c. Jump Statement


 2. Compound Statement
   Compound statement (kumpulan statement) adalah 
   sekumpulan statement yang terdiri dari statement-statement 
   lain, termasuk juga iteration dan selection statement.

 3. Iteration Statement
    Iteration statement digunakan untuk melakukan perulangan
     sekumpulan statement (compound statement).

  E.  Function dan Procedure
Procedure  dan  Function  disebut  juga  subroutine,  merupakan
blok statement yang dapat dipanggil dari lokasi yang berbeda
di  dalam  program.  Yang  membedakan          antara  function  dan
procedure yaitu:
suatu  function  jika  dijalankan/dipanggil  akan  mengembalikan
suatu nilai.
                                                                          

Ketika   procedure   atau   function  dipanggil,  kita  dapat
melewatkan  suatu  nilai  ke  dalam  function  atau  procedure
tersebut.  Nilai yang  dilewatkan   disebut juga  argument
atau parameter. Ada dua cara melewatkan nilai, yaitu:

 1. Passing by Value (Dilewatkan secara nilai)

 2. Passing by Reference


Tidak ada komentar:

Posting Komentar